CCTV Berwarna Hitam-Putih, Kenapa?

Setelah memasang CCTV kemudian muncul kendala, seperti gambar CCTV yang warnanya hitam dan putih, kenapa ya? Nah, kalau CCTV kamu muncul masalah seperti ini tidak perlu panik, karena disini akan dijelaskan kenapa CCTV berwarna hitam dan putih.
1.      Area Ruangan
CCTV berubah menjadi warna hitam putih biasanya disebabkan karena area ruangan yang akan diawasi memiliki pencahayaan yang kurang atau gelap. Biasanya pada CCTV terdapat fitur IR atau Infra Red. Fitur ini membantu CCTV untuk tetap bisa mengambil gambar meskipun di kondisi yang minim cahaya.
IR pada CCTV akan aktif dengan sendirinya jika cahaya ruangan berada di indikator 1 lux. Jika area ruangan yang ingin anda pantau dengan CCTV berada di kondisi gelap, jangan heran jika gambar yang dihasilkan dari CCTV berwarna hitam-putih.
2.      Tersetting Grayscale
Nah ini juga bisa saja menjadi penyebab kenapa gambar yang dihasilkan dari CCTV anda berwarna hitam-putih. Ya, bisa saja CCTV anda tersetting dengan mode grayscale atau hitam-putih. Jika CCTV anda berwarna seperti ini padahal dalam kondisi bercahaya, sebaiknya anda periksa terlebih dahulu settingan dari CCTV anda. Jika CCTV nya tersetting dengan mode grayscale, anda bisa menggantinya dengan mode color.

Sederhana kan, alasan kenapa CCTV berwarna hitam-putih? Tetapi ternyata CCTV yang menghasilkan gambar dengan warna hitam-putih ternyata menghasilkan video dengan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan video dengan full colour, lho! Hal ini dikarenakan CCTV dengan mode hitam-putih ini tidak memiliki warna yang bisa menyebabkan memori video CCTV menjadi membengkak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu P2P Pada CCTV?

FUNGSI DNR (3D Digital Noise Reduction) PADA CCTV

PERBEDAAN CCTV DAN WEBCAM