Merawat CCTV dengan Mudah



Kejahatan kriminalitas saat ini memang sangat sering kita dengar, namun untuk mengantisipasikannya kita harus menjaga keamanan tidak hanya satpam namun seperti adanya kamera CCTV. Karena kamera CCTV sangat membantu untuk melihat atau memantau aktifitas di tempat yang di pasang kamera CCTV  dan memudahkan pihak berwajib untuk menemukan tersangka dari rekaman kamera CCTV bila terjadi kriminalitas.
Namun jika Kamera CCTV tersebut tidak di rawat dengan baik, maka tidak dapat berfungsi dengan sempurna, Maka dari itu setelah memiliki kamera CCTV, Ada baiknya Anda mengetahui cara merawat kamera CCTV agar tidak mudah rusak. Berikut adalah cara merawat CCTV dengan benar 
1.      Bersihkan komponen secara berkala
Dimulai dari lensa kamera CCTV , Housing , drive unit , DVR, monitor dan segala hal yang berhubungan dengan CCTV jangan sampai kotor penuh debu. Karena jika ada debu atau kotoron dapat menjadi penghambat utama yang menyebabkan kinerja sistem CCTV menjadi tidak sempurna misalnya gambar kamera CCTV menjadi buram dan bahkan cepat membuat kerusakan.
                                                       
2.      Perawatan komponen-komponen CCTV secara berkala
Komponen CCTV haruslah di cek seperti, Kabel dan koneksi harus selalu dicek, Jangan sampai ada yang tak terhubung. Sama halnya dengan posisi kamera CCTV juga harus diperiksa. Jangan sampai target kamera tidak tepat . Periksa penyanggah CCTV nya dan hal-hal lain yang mendukung kamera CCTV dapat ebrfungsi dengan baik

3.      Periksa pengaturan CCTV
Aturlah mode kamera sesuai keinginan anda. Mode yang di atur antara lain adalah :
  •  Mode rekaman kamera
  •  Masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman
  • Kualitas hasil rekaman, karena akan mempengaruhi kinerja kamera

4.      Backup rekaman CCTV
Langkah terakhir adalah memback-up hasil rekaman CCTV, lakukan penyortiran hasil-hasil rekaman yang penting bisa disimpan. Jika memang semua hasil rekaman dibutuhkan(biasanya untuk perusahan perbankan, rumah sakit, pemerintahan, industrial dll) sebaiknya back-up data atau pindah data dilakukan secara rutin dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama dan berkala.

Jika cara merawat CCTV di atas sudah Anda lakukan, maka kemungkinan besar kamera CCTV yang Anda miliki akan tetap awet dan tidak mudah rusak. Karena jika kamera CCTV dirawat dengan baik Anda sudah tidak perlu mengkhawatirkan jika kamera CCTV tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu P2P Pada CCTV?

FUNGSI DNR (3D Digital Noise Reduction) PADA CCTV

PERBEDAAN CCTV DAN WEBCAM