JAGA CCTV AGAR TETAP TERJAGA KUALITASNYA DENGAN TIPS INI!


Kamera CCTV adalah salah satu perangkat yang kerap kali digunakan untuk menjaga keamanan rumah, kantor, tempat perbelanjaan, atau ruang public lainnya. Kamera CCTV dianggap sebagai suatu antipasti yang baik untuk mencegah tindak kriminalitas, dan memudahkan pihak yang berwajib jika terjadi suatu kejadian buruk. Nah, kalau kamu termasuk yang memiliki kamera CCTV untuk kepentingan keamanan, ada baiknya kamu memperhatikan perawatan kamera CCTV agar kamera CCTV kamu tetap awet dan tidak mudah rusak. Lalu, bagaimana caranya? Ikuti tips ini ya!
1.      Jaga Kebersihan
Menjaga kebersihan CCTV adalah barang mutlak, lho. Layaknya perangkat lain yang memerlukan kebersihan, CCTV juga perlu kamu jaga kebersihannya mulai dari lensa kamera, drive unit, DVR, monitor, dan segala hal yang berhubungan dengan CCTV. Sebab, apabila seluruh bagian CCTV kamu kotor, tentu bisa menghambat kualitas sistem kamera CCTV kamu. Dampak yang paling mudah terlihat jika kamera CCTV kamu mulai kotor adalah, kualitas gambar menjadi buram.
2.      Perhatikan Pengaturan Rekaman
Langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah pengaturan mode rekaman pada CCTV. Rekaman ini harus diatur secara optimal, baik itu masa jangka waktu penyimpanan ataupun kualitas hasil rekaman.
3.      Cek Berkala Komponen CCTV
Semua komponen pada CCTV perlu kamu cek secara berkala juga, lho. Rajin-rajinlah periksa kabel serta koneksinya jangan sampai ada yang terlepas, posisi kamera CCTV juga perlu diperhatikan jangan sampai target CCTV tidak tepat sasaran. Periksa semua hal yang berkaitan dengan CCTV, apakah komponen tersebut masih berfungsi atau tidak.
4.      Perhatikan Keakuratan
Perhatikan keakuratan pada kamera CCTV. Keakuratan ini meliputi jam, waktu, pengendalian telemetri, keakuratan indikator serta keadaan DVR guna mengetahui rusak atau tidaknya.
5.      Back Up Rekaman

Apabila kamu menemukan kapasitas pada kamera CCTV telah penuh sebaiknya lakukan pencadangan atau back up hasil rekaman pada kamera CCTV tersebut, pilih rekaman yang menurut kamu penting, dan hapus yang menurut kamu tidak penting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu P2P Pada CCTV?

FUNGSI DNR (3D Digital Noise Reduction) PADA CCTV

PERBEDAAN CCTV DAN WEBCAM