INI DIA JENIS-JENIS LENSA CCTV YANG PERLU ANDA KETAHUI!

Saat ingin membeli cctv, tentu hal yang harus anda ketahui adalah seberapa luas jangkauan area, dan seberapa lebar jarak pandang yang ingin anda pantau.  Dalam hal ini, peranan lensa pada cctv sangat dibutuhkan, dan ternyata terdapat banyak banyak jenis lensa pada cctv.
Jenis – jenis lensa cctv terbagi atas dua kategori, yang pertama berdasarkan titik fokus (focal length) dan yang kedua berdasarkan bentuk dan penempatannya.  Agar lebih jelas akan kami rincikan sebagai berikut.
     1.     Lensa cctv berdasarkan titik fokus
 -          Fixed lens
           Sesuai dengan namanya, lensa ini mempunya arti bahwa titik fokus (fokus length) tetap atau tidak berubah.
-          Varifocal lens
Berbeda dengan fixed lens, titik fokus pada lensa ini dapat diubah dengan penggunanya, yaitu dengan memutar leher lensa.
-          Zoom lens
Zoon lens adalah jenis lensa yang mampu memperbesar atau memperkecil ukuran gambar terutama dengan memvariasikan panjang fokus lensa.

2. Lensa cctv berdasarkan bentuk dan penempatan
-          Board lens
Board lens digolongkan sebagai lensa cctv yang berdasarkan letak penempatannya berada pada bagian dalam cctv. Board lens disebut-sebut sebagai produk turunan dari fixed lens karena umumnya mempunyai jarak titik fokus lensa yang tetap atau tidak berubah.
-          Pinhole lens
Merupakan salah satu lensa yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Jenis lensa ini memiliki gambar yang cukup kurang jika disetting berwarna, namun jika disetting hitam putih, gambar yang dihasilkan dari lensa cctv ini akan terkesan dramatis.
-          Fisheye lens
           Gambar yang dihasilkan dari lensa ini bersifat panoramic atau melebar (wide). Pada lensa ini               ditambahkan semacam logam yang tidak tembus pandang namun memantulkan bayangan seperti kaca jika dilihat dari luar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu P2P Pada CCTV?

FUNGSI DNR (3D Digital Noise Reduction) PADA CCTV

PERBEDAAN CCTV DAN WEBCAM