Lokasi Strategis dan 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang CCTV




Umumnya ketika hendak memasang kamera CCTV, kita tidak mengetahui tempat startegis di mana kamera CCTV tersebut harus diletakann. Yang perlu dilakukan terlebih dahulu untuk menentukan peletakan kamera CCTV:

1.   Pencahayaan
Pencahayaan menjadi hal yang penting karena pencahayaan dapat mempengaruhi hasil gambar CCTV. Sangat disarankan untuk tidak menempatkan CCTV terlalu dekat dengan lampu sebab di khawatirkan gambar yang dihasilkan kamera CCTV tidak  begitu jelas dikarenakan efek cahaya yang dipancarkan lampu berlebih (over exposure).

2.   Penempatan
Penempatan kamera sangat penting untuk diperhatikan, Anda juga harus menentukan apakah Anda ingin pencuri bisa melihat kamera CCTV anda. Kamera yang jelas terlihat akan berfungsi sebagai pencegah tetapi kelemahannya adalah dapat dengan mudah rusak oleh pencuri yang bandel. Atau jika Anda ingin calon pencuri tidak tahu adanya kamera, anda dapat memasang kamera CCTV kamuflase yang dapat berupa detektor asap, jam dan lain-lain. Berikut adalah rekomendasi lokasi kamera CCTV di rumah:
-    Pintu Depan
Kebanyakan pencuri masuk ke rumah melalui pintu depan. Lokasi CCTV terbaik adalah dengan memasangnya pada langit-langit rumah yang menyorot langsung ke pintu depan. Pertimbangkan juga memasang pelindung tambahan untuk melindunginya dari lemparan batu, tongkat, atau senjata lainnya.
-    Pintu belakang atau pintu samping
Kemungkinan pencuri untuk masuk melalui pintu belakang/pintu samping juga besar. Intinya adalah pasang kamera pada setiap pintu masuk. Agar kamera CCTV outdoor anda tahan cuaca pilihlah tipe weatherpoof camera yang dilengkapi dengan infrared dan night vision.
-     Halaman belakang
Tempatkan halaman belakang Anda dengan lampu sorot, sensor gerak serta kamera pengintai night vision untuk melindungi rumah dan barang-barang Anda. Jika halaman belakang Anda dipagari, pastikan kamera Anda memiliki pandangan langsung ke gerbang masuk atau dengan memasang menginstal kamera tambahan pada gerbang belakang tersebut.
-    Garasi
Kamera pada garasi harus mampu mengcover jalan masuk dan bagian dalam garasi. Cara ini dilakukan dengan memasang kamera yang terlihat jelas namun jauh dari jangkauan, juga dengan menempatkan kamera kamuflase yang terlihat seperti barang aslinya di sekitar properti Anda.
-    Ruang Keluarga
Berkumpulnya anggota keluarga di malam hari merupakan momentum yang paling indah. Ini bisa menjadi “obat penawar rindu” tatkala anda sedang berada jauh di luar kota atau bahkan di luar negeri. Aplikasi Access DVR via Internet, baik melalui laptop ataupun gadget akan sangat terasa sekali manfaatnya. Melihat si kecil dan yang lainnya sedang makan bersama ibunya, tentu saja bisa menjadi obat kangen selama anda berada jauh dari mereka, bukan? Inilah alasan kuat kami, mengapa kami memilih lokasi ini untuk dipasang.

3.   Permukaan
    Dalam memasang kamera CCTV kita harus memperhatikan apakah permukaan dinding serta plafon yang akan dipasang rata dan apakah terdapat penghalang pandangan atau pantauan CCTV untuk menghasilkan pantuan yang lebih maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu P2P Pada CCTV?

FUNGSI DNR (3D Digital Noise Reduction) PADA CCTV

PERBEDAAN CCTV DAN WEBCAM