TIPS MEMILIH KAMERA CCTV YANG BAGUS DAN BERKUALITAS


      Pada saat kita membeli sesuatu pastilah memilih yang bagus dan berkualitas, entah itu dalam hal fashion, furniture, gadget, food, dll. Sama halnya seperti membeli CCTV juga haruslah memilih yang bagus dan berkualitas agar tidak salah dalam pembelian barang.

1.      Budget
Cek harga sebelum membeli CCTV, karena saat ini banyak harga yang ditawarkan sudah sangat bervariasi. Untuk produk dengan garansi minimum 1 tahun, harga dimulai dari Rp. 500.000,- sampai Rp. 1 jutaan tergantung dari merk dan spesifikasi. Pilihlah merk yang sudah cukup terkenal, karena merk-merk tersebut dapat menjadi terkenal tidak lain adalah karena bukti akan kualitas produk dan layanan purna jual yang diberikan kepada konsumen.

2.      CCTV Kabel atau Wireless

Sistem CCTV untuk pengawasan rumah tersedia dalam dua tipe yaitu kabel dan nirkabel (wireless). Sistem kabel hampir mirip dengan sistem listrik di rumah Anda, sementara kamera CCTV wireless bekerja dengan daya baterai dan melalui sinyal wireless. Sistem CCTV kabel umumnya lebih mahal biaya instalasinya dan lebih sulit untuk diganti. Keuntungannya CCTV kabel adalah lebih stabil dan memiliki kualitas sinyal yang sangat baik yang tidak akan ada konflik dengan perangkat nirkabel lain di rumah Anda.
Di sisi lain, kamera CCTV wireless sangat mudah untuk dipasang, mudah disembunyikan, lebih murah untuk dibeli dan diganti. Namun perangkat nirkabel lainnya (seperti telepon wireless) dapat mengganggu sinyal sehingga akan mengorbankan kualitas gambar yang direkam.

3.      Pemilihan DVR
Selain memilih CCTV berkualitas tinggi, anda juga perlu mempertimbangkan kualitas DVR atau Digital Video Recorder-nya. Ketika memilih DVR, pastikan anda memahami fitur-fitur, penggunaan media output serta kapasitas hardisk yang dimiliki oleh alat tersebut.

4.      CCTV Indoor vs Outdoor

Jika Kamera CCTV dipakai pada bagian dalam ruangan, pilihannya begitu banyak, sebagian besar kamera yang tersedia dipakai untuk bagian dalam ruangan. Bentuk kamera cctv yang akan dipasang pada bagian dalam ruangan harus disesuaikan dengan apa yang anda inginkan dan penempatannya, entah itu akan dipasang pada plafon, tembok ataupun pada dinding, disembunyikan ataupun tersamar dengan produk lain.

Sedangkan jika Kamera cctv tersebut dipakai pada bagian luar ruangan, maka pilih kamera CCTV yang khusus. Bedanya kamera cctv outdoor dengan kamera cctv indoor adalah kamera outdoor lebih bisa mereduksi cahaya matahari serta jumlah LED infrared yang digunakan pada umumnya lebih banyak dibandingkan dengan kamera cctv berjenis indoor. Semua kamera cctv outdoor yang tersedia sudah weatherproof (IP66 / IP67) serta dilengkapi Pelindung untuk menahan sinar matahari ataupun air hujan atau pelindung tersebut biasa disebut dengan sebutan topi kamera, anda pun tidak mesti membeli housing lagi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu P2P Pada CCTV?

FUNGSI DNR (3D Digital Noise Reduction) PADA CCTV

PERBEDAAN CCTV DAN WEBCAM