Tips Mencegah Agar CCTV Tidak di Hack



Sistem keamanan canggih menggunakan jaringan nirkabel memang sedang berkembang saat ini, contohnya kamera pengintai, CCTV atau kamera pengintai semakin popular kehadirannya seiring meningkatnya pencurian di kota-kota besar di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Karena hal tersebut sangat penting bagi orang-orang untuk mempertimbangkan daerah mana yang harus di cover oleh CCTV. Salah satu keuntungan yang anda dapatkan ketika menggunakan kamera khusus pengintai adalah rekaman siang dan malam setiap hari, dengan begini kamera akan melihat dan merekam apa yang tidak terlihat oleh manusia.
CCTV Kabel
Hasil gambar untuk cctv kabel analog
Kamera cctv kabel (analog)

Pada dasarnya kamera CCTV pengoperasiannya menggunakan 2 jenis yaitu kabel dan nirkabel. Kamera CCTV yang menggunakan kabel dinilai lebih rumit pemasangannya, anda perlu memastikan bahwa tempat anda memilki akses untuk pemasangan kabel, dan aliran kabel juga harus berada di tempat yang tepat. Pemasangan pun akan menjadi lebih lama, tapi keuntungan menggunakan jaringan kabel adalah gambarnya yang lebih jernih dan realtime, karena data gambar di transfer menggunakan kabel, jadi tidak akan ada gangguannya sinyal.
CCTV Nirkabel
Gambar terkait
Kamera cctv nirkabel (Ip camera)

Berbeda dengan versi kamera CCTV yang menggunakan kabel, jaringan nirkabel lebih mudah pemasangannya, tidak memerlukan kabel. CCTV hanya membutuhkan jaringan agar bisa terkoneksi oleh DVR, seperti Bluetooth atau jaringan internet. Kualitas gambar pun juga baik warna dan resolusi sama baiknya dengan yang kabel (tergantung pada spesifikasi kamera), dan CCTV jenis ini dinilai lebih efektif karena gambar dapat dilihat secara Live streaming, kamera CCTV ini dinamakan IP camera. Namun walaupun begitu kamera ini masih tetap memilki kekurangan yaitu ketergantungan akan sinyal, apabila sinyal penghubung terganggu maka gambar akan terhenti atau menurun kualitasnya. Dan kebanyakan orang saat ini menggunakan jenis CCTV nirkabel atau IP camera.
Lalu apakah CCTV nirkabel dapat di hack?
Hasil gambar untuk hacker
Perihal apakah sistem keamanan nirkabel seperti IP camera bisa di hack atau tidak, mungkin saja bisa. Namun pada dasarnya teknologi keamanan ini dibangun dengan sangat baik, melalui riset yang panjang dan tentunya telah teruji. Para produsen IP camera menggunakan pertahanan-pertahanan terbaik guna melindungi IP camera mereka dari pembajakan.
Tips yang paling bisa anda gunakan adalah dengan mengganti username dan password secara berkala, dengan kata-kata yang unik. Dan kalau adapun seseorang yang berniat membajak kamera pengawas anda, dia akan kesulitan memasukinya karena harus berhadapan dengan keamanan jaringan, keamanan kamera, serta username dan password anda. dan kalaupun IP camera anda di berhasil hack, anda bisa mengetahuinya karena setiap produsen sistem keamanan memiliki fitur pertahanan terakhir, seperti mengetahui siapa yang telah membajak perangkat tersebut.
Tapi anda tidak perlu khawatir dengan masalah pembajakan kamera, karena tidak semua orang bisa membajak dan menembus pertahanan jaringan, hanya orang-orang tertentu saja. Dan selalu ikuti tips dan anjuran dari teknisi yang memasang IP camera anda, para teknisi memiliki pengetahuan tentang kamera dan kapasitas untuk memberikan saran.

Dan berikut adalah tips dari para ahli jaringan untuk menghindari kasus pembajakan kamera ini adalah dengan mengecek kembali produsen yang merilis kamera, jenis pertahanan protokol apa yang mereka gunakan dan kebijakan-kebijakan apa saja yang mereka berikan, serta garansi apa yang mereka berikan jika hal ini terjadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu P2P Pada CCTV?

FUNGSI DNR (3D Digital Noise Reduction) PADA CCTV

PERBEDAAN CCTV DAN WEBCAM